Lowongan Kerja:Ciri-ciri lowongan kerja harus diwaspadai - merdeka.com

Merdeka.com - Mencari pekerjaan saat ini tidaklah mudah. Banyak persaingan di antara para pencari kerja, sehingga harus berupaya keras untuk memperoleh pekerjaan yang diinginkan.

Belum lagi banyaknya lowongan pekerjaan yang dijadikan sebagai modus penipuan. Jangan sampai hanya karena buru-buru ingin mendapatkan pekerjaan, tapi justru malah ketipu.

Agar terhindar dari penipuan berkedok lowongan kerja, ada baiknya kenali ciri-ciri lowongan pekerjaan palsu yang patut diwaspadai seperti ditulis Cermati:

1. Harus membayar sejumlah uang< /p>

Ciri-ciri yang paling mudah dilihat dari lowongan pekerjaan palsu adalah adanya sejumlah uang yang harus dibayarkan sebelumnya. Biasanya Anda diminta untuk mentransfer biaya sebelum mengikut wawancara kerja dengan berbagai alasan.

Kalau Anda menemukan lowongan kerja seperti ini jangan ragu untuk menolak dan menghindarinya. Banyak kasus penipuan yang seakan-akan meminta biaya wawancara pekerjaan, padahal hanya ingin memeras salon pekerja saja.

Perusahaan yang sudah besar ataupun masih berkembang, tidak akan pernah meminta biaya pendaftaran dari calon karyawannya. Bahkan ada beberapa perusahaan yang justru memberikan biaya akomodasi bagi calon karyawannya yang berasal dari luas kota dan dibutuhkan untuk tahap wawancara lanjutan.

2. Tidak ada info resmi di website perusahaan

Bagi perusahaan-perusahaan berskala besar, jika membuka lowongan pekerjaan, mereka pasti mengumumkannya di situs resminya. Selain itu, mereka juga akan memasang iklan lowongan pekerjaan di situs-situs pencarian kerja terpercaya.

Bila Anda menemukan lowongan pekerjaan dari perusahaan besar namun tidak tercantum di website resminya, tentu Anda harus mewaspadainya. Bisa saja lowongan pekerjaan itu palsu atau penipuan berkedok lowongan kerja.

3. Alamat email mencurigakan

Setiap perusahaan tentunya memiliki alamat email dengan domain perusahaan untuk kegiatan-kegiatan resminya, salah satunya lowongan pekerjaan.

Bila Anda menemukan lowongan kerja yang menggunakan alamat email seperti Yahoo atau Gmail dan email pribadi lainnya, Anda wajib mewaspadainya, karena bisa saja itu palsu.

4. Situs web meragukan

Tidak hanya penggunaan email pribadi yang terkesan tidak profesional, lowongan pekerjaan yang patut dicurigai adalah tampilan website perusahaan yang mencurigakan.

Ciri-ciri website perusahaan palsu biasanya tidak ada sosial media resmi perusahaan, menggunakan domain gratis dan tidak sesuai, serta tidak mencantumk an kontak detail dari perusahaan.

5. Panggilan interview tanpa pengiriman lamaran

Pernahkah Anda tiba-tiba mendapat telepon panggilan untuk wawancara kerja padahal tidak pernah mengirim lamaran kerja sebelum ke perusahaan yang bersangkutan? Jika ya, Anda perlu mewaspadainya.

Bisa saja lowongan pekerjaan seperti ini merupakan penipuan. Logikanya, perusahaan akan menghubungi untuk dilakukan wawancara bila calon pekerja sebelumnya telah mengirimkan surat lamaran kerja.

Aneh rasanya jika Anda mendapat panggilan kerja padahal tidak pernah mengirim surat lamaran. [idr]

Let's block ads! (Why?)



RSS Feed

IFTTT

Comments

Popular posts from this blog

More than 600 attend Windy City Times Job Fair at Center on Halsted - Windy City Times