Lowongan Pekerjaan: 3 Kunci untuk Menyesuaikan CV - Okezone

Minggu, 29 Juni 2014 13:08 wib | Rachmad Faisal Harahap - Okezone

3 Kunci untuk Menyesuaikan CVKetika melamar kerja, Anda harus meluangkan banyak waktu untuk mempersiapkan memodifikasi CV. (Foto: dok. Okezone) JAKARTA - Ketika melamar kerja, Anda harus meluangkan banyak waktu untuk mempersiapkan setiap aplikasi pekerjaan yang akan Anda serahkan. Ini berarti memodifikasi surat lamaran dan curriculum vitae (CV) Anda.

Modifikasi tersebut diperlukan jika Anda ingin melamar pekerjaan ke berbagai lowongan dengan kualifikasi spesifik. Berikut adalah tiga tips kunci untuk menyesuaikan CV Anda, seperti dilansir dari laman Careerealism, Minggu (29/6/2014).

1. Memanfaatkan bahasa yang tepat

Aturan pertama, gunakan gaya bahasa yang sama dengan yang ditampilkan dalam iklan lowongan pekerjaan. Misalnya dalam menonjolkan kualifikasi Anda sesuai dengan yang dicari perusahaan. Dengan begitu, kemungkinan CV Anda dibaca akan lebih besar.

2. Optimalkan CV Anda dengan kata kunci

Mengenali kata kunci yang biasa digunakan perusahaan akan membantu Anda mendapatkan lowongan pekerjaan yang sesuai. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kata kunci itu di dalam CV. Trik ini akan memperbesar peluang CV Anda sampai di meja manajer HRD.

3. Detail penting di awal

Cara lain untuk menyesuaikan CV Anda adalah dengan mengatur berbagai bagian CV sesuai dengan urutan kualifikasi yang ditampilkan iklan pekerjaan. Sebagai contoh, jika sebuah iklan lowongan kerja mengatakan, "Mencari pekerja sosial berlisensi master untuk supervisor klinis," maka CV Anda harus menampilkan gelar akademik dan lisensi pekerjaan sosial di dekat bagian atas.

Pengusaha umumnya menggunakan iklan mereka untuk memberi tahu Anda apa yang mereka cari. Jadi, jangan membuat sulit bagi mereka untuk menemukannya.

Ketika Anda memulai atau melanjutkan proses pencarian kerja Anda, buatlah CV untuk setiap industri di mana Anda melakukan pencarian tersebut. Jangan malas menyesuaikan kata kunci dan bagian CV yang diperlukan. Pihak perusahaan akan menghargai itu. (rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at http://ift.tt/jcXqJW.


IFTTT

Put the internet to work for you.

Turn off or edit this Recipe

Comments

Popular posts from this blog

More than 600 attend Windy City Times Job Fair at Center on Halsted - Windy City Times