Lowongan Pekerjaan: Jadi Kandidat Pegawai Paling Tepat - Okezone

Sabtu, 31 Mei 2014 16:07 wib | Rifa Nadia Nurfuadah - Okezone

Persaingan perburuan kerja membuat Anda harus menampilkan diri sebagai kandidat terbaik untuk suatu posisi pekerjaan. (Foto: Okezone) Persaingan perburuan kerja membuat Anda harus menampilkan diri sebagai kandidat terbaik untuk suatu posisi pekerjaan. (Foto: Okezone) JAKARTA - Casting adalah cara produser mencari aktor paling tepat untuk film yang sedang mereka buat. Begitu juga dengan rekrutmen pekerjaan yang menjadi cara perusahaan mendapatkan kandidat pegawai terbaik untuk posisi yang sedang lowong.

Nah, dengan menganggap bahwa rekrutmen adalah sebuah casting, apa yang bisa kita lakukan untuk menjadi kandidat paling tepat untuk menjadi karyawan? Careerealism, Sabtu (31/5/2014). 

Ketika mencari pekerjaan, setiap aspek komunikasi yang Anda lakukan dengan petugas rekrutmen di suatu perusahaan menunjukkan siapa Anda dan apakah Anda kandidat paling tepat untuk lowongan pekerjaan yang mereka buka. Kualifikasi akademik dan pengalaman kerja atau organisasi memang menjadi pertimbangan rekrutmen, tetapi pertanyaan utama yang diajukan perusahaan adalah apakah Anda orang yang "tepat".

Jadi, mulailah merepresentasikan diri Anda seperti pekerjaan yang sedang Anda lamar. Misalnya, jika Anda melamar sebagai sekretaris di sebuah perusahaan, cari tahu seperti apa sosok sekretaris ideal di perusahaan tersebut. Tulislah surat lamaran dan curriculum vitae yang menggambarkan bahwa Anda adalah kandidat paling tepat untuk pekerjaan tersebut.

Anda bisa menulis bahwa Anda suka memulai pembicaraan dengan orang asing. Atau pengalaman Anda menangani kegiatan reuni sekolah dan bertanggung jawab atas kedatangan para alumni penting. Atau bagaimana kemampuan Anda membuat orang pergi tapi tetap tersenyum.

Kemudian, ketika Anda mendapatkan kesempatan wawancara, berpakaianlah secara pantas dan profesional. Tersenyumlah dan tunjukkan sikap ramah dan kepercayaan diri Anda. Jangan lupa, lakukan dan jagalah kontak mata. Tampilkan diri Anda sebagai sosok sekretaris ideal dalam interview dan buatlah manajer personalia mau mempekerjakan Anda.
(rfa)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

This entry passed through the Full-Text RSS service — if this is your content and you're reading it on someone else's site, please read the FAQ at http://ift.tt/jcXqJW.


IFTTT

Put the internet to work for you.

Turn off or edit this Recipe

Comments

Popular posts from this blog

More than 600 attend Windy City Times Job Fair at Center on Halsted - Windy City Times